RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP N 1 SLEMAN
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas/Semester : IX/1 (Satu)
Materi Pelajaran : Aktivitas Aquatik
Alokasi Waktu : 15 Menit (1 X Pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar,dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas
jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.
Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran.
2.2
Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan
prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam
permainan.
3.8 Memahami
konsep gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda. (renang gaya crawl)
4.8
Mempraktikkan gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda. (renang gaya crawl)*
|
1.1.1 Berdo’a
sebelum dan sesudah pembelajaran dengan khusuk
2.2.1
Berhati hati dalam melakukan gerakan olahraga.
2.2.2
Mengembalikan peralatan olahraga ke tempatnya.
2.5.1
Menunjukkan sikap toleransi, dengan mau menolong teman yang kesulitan
melakukan aktivitas fisik.
2.5.2 Mau
berbagi alat antar sesama teman sesuai giliran.
2.6.1
Tidak terlambat saat mengikuti pembelajaran.
2.6.2
Menjalankan peraturan keselamatan didalam kolam dan diatas kolam
2.7.1 Dalam
melakukan permainan menunjukkan perilaku bahwa lawan merupakan teman bermain.
3.8.1
Menyebutkan konsep keterampilan renang gaya crawl.
3.8.2
Menyebutkan konsep teknik gerakan kaki renang gaya crawl.
3.8.3
Menyebutkan konsep teknik gerakan lengan renang gaya crawl.
3.8.4
Menyebutkan konsep teknik gerakan pernafasan renang gaya crawl.
4.8.1
Mempraktikkan keterampilan renang gaya crawl
4.8.2
Mempraktikkan keterampilan teknik gerakan kaki renang gaya crawl.
4.8.3
Mempraktikkan keterampilan teknik gerakan lengan renang gaya crawl.
4.8.4
Mempraktikkan keterampilan teknik gerakan pernafasan renang gaya crawl.
|
C. MATERI PEMBELAJARAN
-
Latihan
pernafasan renang gaya crawl
-
Koordinasi Gerakan kaki dan gerakan
lengan dan pernafasan
renang gaya crawl
D. SUMBER PEMBELAJARAN, MEDIA DAN ALAT
1.
Sumber
pembelajaran
-
Budi Aryanto. 2010. Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan. Pustaka Insan Madani: Jakarta.
-
Mohammad Ali Mashar. 2010. Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Swadaya Murni: Jakarta.
-
Jaja Suharja. 2010. Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan. Armico: Jakarta
-
Sarjono dan Sumarjo. 2010. Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan. CV Aneka Ilmu: Jakarta.
2.
Media
-
Gambar cara mengambil nafas renang gaya crawl, Jaja Suharja. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan. Armico:
Jakarta.(Hal 162)
3.
Alat
dan bahan
-
Pelampung : secukupnya
-
Peluit :
1 buah
-
Jam tangan
E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Kedua
Pendahuluan (3 menit )
o Menyiapkan
peserta didik dalam barisan empat bersyaf (semua peserta didik dapat melihat
guru)
o Dipimpin
berdo’a untuk keselamatan dalam pembelajaran dan kebermanfaatan.
o Mengecek
kehadiran semua peserta didik dan menanyakan kesehatan mereka secara umum.
o Menjelaskan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari itu.
o Memotivasi
siswa dengan menjelaskan manfaat belajar renang untuk kehidupan sehari-hari.
o Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab tentang pengalaman mereka melakukan aktivitas
renang.
o Sebelum
ke materi inti peserta didik melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan permainan.
Permainan:
Hiu
dan ikan kecil
Cara bermain:
o
Tentukan 5 peserta didik yang menjadi
hiu
o
Peserta didik yang lainya menjadi ikan
kecil
o
Tugasnya hiu adalah menangkap ikan-ikan
kecil, apabila ikan kecil yang tertangkap oleh hiu maka ikan kecil berhak
membantu hiu untuk menangkap ikan yang lainnya
o
Pada saat mengejar atau dikejar peserta
didik tidak boleh berjalan/berlari menggunakan kaki, melainkan dengan berenang
Kegiatan
inti (10 menit)
Mengamati
o Peserta
didik diminta mengamati teknik
pengambilan nafas renang gaya crawl, yang diperlihatkan
melalui media gambar.
Gambar:
teknik mengambil nafas (jaja suharja. Hal 169)
o Guru
memfasislitasi peserta didik untuk mengamati media pembelajaran.
Hal
yang diamati
|
kepala
|
lengan
|
Tahapan
gerakan
|
|
|
Menanya.
o
Setelah peserta didik mengamati media gambar
yang ditunjukkan oleh guru, selanjutnya guru merangsang peserta didik agar
peserta didik menemukan hal-hal yang ingin/perlu diketahui lebih lanjut melalui
pertanyaan:
a.
Bagaimana posisi kepala pada saat
mengambil nafas biar tidak mengangkat terlalu tinggi?
a.
Ketika didalam air nafas dibuang melalui
apa?
o
Peserta didik bersama dengan guru
melengkapi daftar pertanyaan yang sudah disusunnya sekurang-kurangnya mencakup
dalam tujuan pembelajaran.
Mengeskplorasi.
o
Peserta
didik melakukan gerakan pengambilan nafas yang dilakukan didarat.
o
Peserta didik mengulang gerakan
koordinasi antara lengan dan kaki renang gaya crawl terlebih dahulu. Untuk mengingat pembelajaran minggu sebelumnya.
o
Peserta didik mempraktikkan cara
mengambil nafas didalam
air dengan menggunakan mulut dan cara membuangnya menggunakan mulut dengan posisi diam
ditempat.
o
Peserta didik melakukan koordinasi
lengan, kaki dan pengambilan nafas dengan metode 4x1 (4 kali dorongan lengan, 1
kali ambil nafas) dengan
bantuan pelampung
o
Peserta didik melakukan koordinasi keseluruhan renang gaya crawl
o
Perlombaan
renang gaya crawl antar kelompok
o Setiap
individu yang sedang tidak melakukan aktivitas fisik bisa mengamati temannya
gerakan mana yang belum baik.
o Saat
mencoba, peserta didik ada yang mencermati kesalahan atau kesulitan temannya
dalam melakukan gerakan.
Mengasosiasi/menalar
o Setiap
peserta didik menemukan kesalahan yang sering dilakukan oleh teman satu
kelompoknya.
Fokus
Yang Diamati
|
Kesalahan
Yang Sering Terjadi
|
Perbaikan
|
Gerakan
kaki
|
|
|
Gerakan lengan
|
|
|
Pernafasan
|
|
|
o
Peserta didik dapat menganalisis
penyebab kekalahan atau kemenangan kelompoknya dalam perlombaan renang gaya crawl
o
Peserta didik dapat menemukan teknik
renang gaya crawl yang paling efektif.
o
Peserta didik dapat menemukan konsep renang
gaya crawl.
Mengomunikasikan
o Semua
peserta didik dikumpulkan, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
pengamatan mereka terkait koordinasi
keseluruhan renang gaya crawl
o Peserta
didik saling berdiskusi terkait pembelajaran dengan memberikan masukan atau
pertanyaan.
o Peserta
didik menunjukkan sikap respek pada orang lain dengan mendengarkan secara
seksama setiap ada orang lain yang berpendapat.
o Guru
memberikan umpan balik terkait materi yang diajarkan.
o Guru
memberi penilaian keaktifan peserta didik.
Penutup
(2 menit)
1. Peserta
didik melakukan penenangan dan pelemasan otot agar badan tidak pegal-pegal.
2. Guru
dan peserta didik merumuskan hasil belajar
3. Peserta
didik diberi informasi agar mempersiapkan referensi untuk pembelajaran diminggu
selanjutnya.
4. Peserta
didik bersama-sama guru berdo’a untuk menutup pembelajaran.
5. Setiap
kelompok mengembalikan alat ke tempat penyimpanan dengan tertib.
F.
PENILAIAN
1.
KOMPETENSI SPIRITUAL
a. Teknik
penilaian: observasi
b. Bentuk
instrumen: lembar observasi
c. Kisi-kisi:
NO
|
Butir nilai (sikap spiritual)
|
Indikator sikap spiritual
|
Jumlah butir instrumen
|
1
|
Berdo’a
|
Berdo’a sebelum dan sesudah melakukan
pembelajaran dengan khusuk
|
2
|
JUMLAH SKOR : 8
|
d. Instrumen
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
1)
Petunjuk
umum
1. Instrumen
sikap spiritual ini berupa lembar observasi
2. Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai
2)
Petunjuk
pengisian
Berdasarkan
pengamatan anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik
dengan memberi skor 4,3,2 dan 1 pada lembar
observasi dengan ketentuan sebagai berikut.
4=
apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3=
apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2=
apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1=
apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati
3)
Lembar
observasi
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas : IX
Semester : 1(satu)
Tahun
pelajaran : 2015
Periode
pengamatan : tanggal s/d
Butir
Nilai :
pembiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran
Indikator
sikap : berdo’a
1. Selalu
berdo’a dengan khusuk ketika sebelum dan sesudah pembelajaran
NO
|
Nama peserta
didik
|
Skor indikator
sikap spiritual (1-4)
|
Jumlah
perolehan skor
|
Skor akhir
|
Tuntas/ tidak
tuntas
|
|
Indikator 1
|
Indikator 2
|
|||||
1
|
arman
|
4
|
4
|
8
|
(8:8)x4=4
|
tuntas
|
2
|
arza
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
e. Pedoman
penskoran
1) Rumus
Penghitungan Skor
Skor
Akhir= Jumlah Skor Yang Diperoleh x 4
Skor Maksimal
2) Kategori
Nilai Sikap Peserta Didik Didasarkan Pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 Yaitu
NILAI
KETUNTASAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
|
|
RENTANG ANGKA
|
HURUF
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan
dengan skor rerata 2,67. Untuk sikap dan keterampilan ditetapkan dengan capaian
optimum 2,67.
2.
KOMPETENSI SOSIAL
a. Teknik
penilaian: observasi
b. Bentuk
instrumen: lembar observasi
c. Kisi-kisi:
NO
|
Butir nilai (sikap sosial)
|
Indikator sikap sosial
|
Jumlah butir instrumen
|
1
|
Bertanggung Jawab
|
a.
Sebagai peserta didik
mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
b.
Berani menerima
resiko atas tindakan yang dilakukan.
c.
Mengembalikan barang
yang dipinjamkan dari orang lain.
d.
Berani meminta maaf
jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.
|
4
|
2
|
Toleransi
|
a. Berbagi
peralatan kepada teman pada saat pembelajaran
b. Saling
tolong menolong ketika menjumpai teman yang kesulitan mempraktikkan gerakan
yang sedang diajarkan
c. Tidak
membeda-bedakan antar teman ketika melakukan aktivitas renang
|
3
|
3
|
Disiplin
|
a. Hadir
tepat waktu.
b. Menggunakan
pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c. Mengikuti
seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d. Mengerjakan
tugas yang diberikan tepat waktu.
|
4
|
4
|
Menerima kekalahan dan kemenangan
|
a. berjabat
tangan ketika usai bertanding
b. tidak
saling rusuh saat bermain dalam keadaan apapun
c.
bisa mengkoreksi kekurangan dan
kelebihan tim agar bisa sadar diri
d.
tidak berbuat curang ketika
timnya sedang dalam posisi kalah.
|
4
|
d. Instrumen
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
1)
Petunjuk
umum
1. Instrumen
sikap sosial ini berupa lembar observasi
2. Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai
2)
Petunjuk
pengisian
Berdasarkan
pengamatan anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik
dengan memberi skor 4,3,2 dan 1 pada lembar
observasi dengan ketentuan sebagai berikut.
Skor 4= apabila melakukan 4 kriteria
yang telah ditentukan
Skor 3= apabila hanya melakukan 3
kriteria yang telah ditentukan
Skor 2= apabila hanya melakukan 2
kriteria yang telah ditentukan
Skor 1= apabila hanya melakukan 1
kriteria yang telah ditentukan
3)
Lembar
observasi
LEMBAR OBSERVASI 1
Kelas : IX
Semester : 1(satu)
Tahun
pelajaran : 2015
Periode
pengamatan : tanggal s/d
Butir
Nilai :
-
Bertanggung Jawab
-
Toleransi
-
Disiplin
-
Menerima kekalahan dan kemenangan
NO
|
Nama peserta
didik
|
Skor indikator sikap sosial (1-4)
|
Jumlah
perolehan skor
|
Skor akhir
|
Tuntas/ tidak
tuntas
|
|||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
Indikator 4
|
|||||
1
|
Aan
|
4
|
3
|
4
|
4
|
15
|
(15:15)x4= 4
|
tuntas
|
2
|
Amin
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Pedoman
penskoran:
PETUNJUK
PENGHITUNGAN SKOR SIKAP SOSIAL
1) Rumus
Penghitungan Skor
Skor
Akhir= Jumlah Skor Yang Diperoleh x 4
Skor Maksimal
2) Kategori
Nilai Sikap Peserta Didik Didasarkan Pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 Yaitu
NILAI
KETUNTASAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
|
|
RENTANG ANGKA
|
HURUF
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan
dengan skor rerata 2,67. Untuk sikap dan keterampilan ditetapkan dengan capaian
optimum 2,67.
3.
KOMPETENSI PENGETAHUAN
a. Teknik
penilaian: tes tertulis
b. Bentuk
instrumen: daftar pertanyaan
c. Kisi-kisi:
NO
|
Indikator
|
Jumlah butir soal
|
Nomor butir soal
|
1
|
Gerakan kaki
|
3
|
2,3,6
|
2
|
Gerakan lengan
|
1
|
7
|
3
|
Cara pernafasan
|
4
|
4,5,8,10
|
4
|
Renang gaya crawl
|
2
|
1,9
|
d. Instrumen:
INSTRUMEN
PENILAIAN PENGETAHUAN
(DAFTAR
PERTANYAAN)
1) Petunjuk
umum
1. Instrumen
pengisian pengetahuan berupa daftar pertanyaan
2. Instrumen
ini diisi oleh peserta didik
2) Petunjuk
pengisian
Jawabah pertanyaan dibawah ini dengan
memberi tanda siang (X) untuk memilih jawaban.
Anda
akan mendapatkan skor untuk jawaban satu
(1) jika benar dari setiap butir soal dan nol (0) ketika salah
3) Soal
NO
|
Butir pertanyaan
|
1
|
Gaya
yang sering digunakan dalam perlombaan renang gaya bebas adalah ....
a.
gaya dada
b.
gaya crawl
c.
gaya kupu-kupu
d.
gaya punggung
|
2
|
Gerakan
kaki dalam renang gaya crawl adalah ....
a.
maju - mundur
b.
ke kanan - ke kiri
c.
diam saja
d.
naik turun
|
3
|
Gerakan
kaki berporos pada ....
a.
pangkal paha
b.
telapak kaki
c.
lutut
d.
pergelangan kaki
|
4
|
Pengambilan
napas dilakukan dengan ....
a.
bebas
b.
mendongakkan kepala
c.
memiringkan kepala
d.
menundukkan kepala
|
5
|
Cara
pengambilan napas, udara dihirup melalui ....
a.
mulut
b.
hidung
c.
mulut dan hidung
d.
a, b, c salah
|
6
|
Cara
melatih gerakan kaki dapat dilakukan dengan ....
a.
mengapit papan peluncur di antara kedua kaki
b.
kedua kaki dipegang oleh teman dari belakang
c.
berdiri pada kolom yang dangkal
d.
mengapung dan kedua tangan berpegangan pada ring/besi di pinggir kolam renang
|
7
|
Dalam
renang gaya crawl, gerakan lengan dilakukan ....
a.
bersama-sama antara tangan kanan dan tangan kiri
b.
kedua tangan lurus ke depan
c.
secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri
d.
kedua tangan membuka ke samping
|
8
|
Pengambilan
napas renang gaya crawl dilakukan setiap ....
a.
2 atau 3 kali gerakan tangan
b.
2 atau 4 kali gerakan tangan
c.
3 atau 4 kali gerakan tangan
d.
3 atau 5 kali gerakan tangan
|
9
|
Yang
bukan termasuk teknik dasar renang gaya crawl adalah ....
a.
gerakan kepala
b.
gerakan meluncur
c.
gerakan tangan dan kaki
d.
napas
|
10
|
Saat mengeluarkan udara didalam air
untuk renang gaya crawl jarak jauh sebaiknya dilakukan...
a.
Melalui mulut dan hidung secara cepat
b.
Melalui mulut dan hidung secara berlahan
c.
Melalui mulut
d.
Melalui hidung
|
e. Pedoman
penskoran:
PETUNJUK
PENENTUAN SKOR KOMPETENSI PENGETAHUAN
Kunci
jawaban
1.
B
2.
D
3.
A
4.
C
5.
A
|
6.
D
7.
C
8.
A
9.
A
10.
B
|
o
Setiap butir soal memiliki nilai 1 jika
benar
o
Skor total apabila jawaban benar adalah
10
1) Rumus
Penghitungan Skor
Skor
Akhir= Jumlah Skor Yang Diperoleh x 4
Skor Maksimal
2) Kategori Nilai Sikap Peserta Didik Didasarkan
Pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 Yaitu
NILAI
KETUNTASAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
|
|
RENTANG ANGKA
|
HURUF
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan
dengan skor rerata 2,67. Untuk sikap dan keterampilan ditetapkan dengan capaian
optimum 2,67.
4.
KOMPETENSI KETERAMPILAN
a. Teknik
penilaian: observasi
b. Bentuk
instrumen: lembar observasi
c. Kisi-kisi:
NO
|
keterampilan
|
Jumlah butir instrumen
|
1
|
Gerakan kaki
|
1
|
2
|
Gerakan lengan
|
1
|
3
|
pernafasan
|
1
|
d. Instrumen:
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
(LEMBAR
OBSERVASI PRAKTIK)
1)
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian keterampilan ini berupa lembar observasi
2. Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai
2)
Lembar
observasi
Kelas : IX
Semester : 1(satu)
Tahun
pelajaran : 2015
Periode
pengamatan : tanggal s/d
Aspek
yang diamati : Mempraktikkan gerak dasar
tiga gaya renang yang berbeda. (renang gaya crawl)
Indikator
keterampilan :
1. Mempraktikkan
gerakan kaki renang gaya crawl
2. Mempraktikkan
lengan renang gaya crawl
3. Mempraktikan
cara pernafasan renang gaya crawl
NO
|
Aspek
gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda. (renang gaya crawl)
|
Hasil
pengukuran
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Gerakan
kaki
|
|
|
|
|
2
|
Gerakan
lengan
|
|
|
|
|
3
|
Pernafasan
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Maksimal: 16
|
3)
Kriteria
pengamatan
Aspek
|
Indikator
|
deskriptor
|
rubrik
|
Renang gaya crawl
|
Gerakan kaki
|
1.
Pusat gerakan pada pangkal paha
2.
Ada bunyi dan buih dari gerakan kaki
3.
Ada lecutan dari sehingga seperti sirip ikan
4.
Jarak antara kaki yang naik dengan kaki yang turun
kira-kira 20-30 cm
|
Skor 4 jika memenuhi kriteria 1,2,3,4
Skor 3 jika memenuhi kriteria 1,2,3
Skor 2 jika memenuhi kriteria 1,2
Skor 1 jika memenuhi kriteria 1
|
Gerakan lengan
|
1.
Penarikan lengan membentuk sudut 900
2.
Dorongan lengan sampai lurus
3.
Angkat siku membentuk sudut lancip di atas air
4.
Masukkan tangan dimulai dari ujung jari
|
Skor 4 jika memenuhi kriteria 1,2,3,4
Skor 3 jika memenuhi kriteria 1,2,3
Skor 2 jika memenuhi kriteria 1,2
Skor 1 jika memenuhi kriteria 1
|
|
pernafasan
|
1.
Mengambil nafas menggunakan mulut
2.
Membuang udara menggunakan mulut dan hidung
3.
telinga selalu menempel pada lengan
4.
kepala hanya diputar ke samping
|
Skor 4 jika memenuhi kriteria 1,2,3,4
Skor 3 jika memenuhi kriteria 1,2,3
Skor 2 jika memenuhi kriteria 1,2
Skor 1 jika memenuhi kriteria 1
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL: 12
|
e. Pedoman
penskoran:
PETUNJUK
PENGHITUNGAN SKOR KETERAMPILAN
1) Rumus
Penghitungan Skor
Skor Akhir= Jumlah Skor Yang Diperoleh
x 4
Skor Maksimal
2) Kategori
Nilai Sikap Peserta Didik Didasarkan Pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 Yaitu
NILAI
KETUNTASAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
|
|
RENTANG ANGKA
|
HURUF
|
3,85 – 4,00
|
A
|
3,51 – 3,84
|
A-
|
3,18 – 3,50
|
B+
|
2,85 – 3,17
|
B
|
2,51 – 2,84
|
B-
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
1,85 – 2,17
|
C
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
1,00 – 1,17
|
D
|
Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan,
sikap, dan keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum 2,67.
Yogyakarta,
......................2015
Menyetujui:
Kepala
sekolah SMP Guru
mata pelajaran
NIP. NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar