contoh RPP penjas K13 (akuatik)

 on Rabu, 10 Juni 2015  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP N 1 SLEMAN
Mata Pelajaran          : Penjasorkes
Kelas/Semester          : IX/1 (Satu)
Materi Pelajaran       : Aktivitas Aquatik
Alokasi Waktu           : 15 Menit (1 X Pertemuan)

A.  KOMPETENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1  Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.    Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.

2.2    Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.

2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.




2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.



2.7    Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.



3.8 Memahami konsep gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda. (renang gaya crawl)








4.8 Mempraktikkan gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda. (renang gaya crawl)*
1.1.1 Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran dengan khusuk






2.2.1 Berhati hati dalam melakukan gerakan olahraga.
2.2.2 Mengembalikan peralatan olahraga ke tempatnya.


2.5.1 Menunjukkan sikap toleransi, dengan mau menolong teman yang kesulitan melakukan aktivitas fisik.
2.5.2 Mau berbagi alat antar sesama teman sesuai giliran.

2.6.1 Tidak terlambat saat mengikuti pembelajaran.
2.6.2 Menjalankan peraturan keselamatan didalam kolam dan diatas kolam
2.7.1 Dalam melakukan permainan menunjukkan perilaku bahwa lawan merupakan teman bermain.

3.8.1 Menyebutkan konsep keterampilan renang gaya crawl.
3.8.2 Menyebutkan konsep teknik gerakan kaki renang gaya crawl.
3.8.3 Menyebutkan konsep teknik gerakan lengan renang gaya crawl.
3.8.4 Menyebutkan konsep teknik gerakan pernafasan renang gaya crawl.

4.8.1 Mempraktikkan keterampilan renang gaya crawl
4.8.2 Mempraktikkan keterampilan teknik gerakan kaki renang gaya crawl.
4.8.3 Mempraktikkan keterampilan teknik gerakan lengan renang gaya crawl.
4.8.4 Mempraktikkan keterampilan teknik gerakan pernafasan renang gaya crawl.

C.  MATERI PEMBELAJARAN
-          Latihan pernafasan renang gaya crawl
-          Koordinasi Gerakan kaki dan gerakan lengan dan pernafasan renang gaya crawl
D.  SUMBER PEMBELAJARAN, MEDIA DAN ALAT
1.      Sumber pembelajaran
-          Budi Aryanto. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pustaka Insan Madani: Jakarta.
-          Mohammad Ali Mashar. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Swadaya Murni: Jakarta.
-          Jaja Suharja. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Armico: Jakarta
-          Sarjono dan Sumarjo. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. CV Aneka Ilmu: Jakarta.
2.      Media
-          Gambar cara mengambil nafas renang gaya crawl, Jaja Suharja. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Armico: Jakarta.(Hal 162)
3.      Alat dan bahan
-          Pelampung                    : secukupnya
-          Peluit                            : 1 buah
-          Jam tangan

E.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Kedua
Pendahuluan  (3 menit )
o  Menyiapkan peserta didik dalam barisan empat bersyaf (semua peserta didik dapat melihat guru)
o  Dipimpin berdo’a untuk keselamatan dalam pembelajaran dan kebermanfaatan.
o  Mengecek kehadiran semua peserta didik dan menanyakan kesehatan mereka secara umum.
o  Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari itu.
o  Memotivasi siswa dengan menjelaskan manfaat belajar renang untuk kehidupan sehari-hari.
o  Melakukan apersepsi dengan tanya jawab tentang pengalaman mereka melakukan aktivitas renang.
o  Sebelum ke materi inti peserta didik melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan permainan.
Permainan: Hiu dan ikan kecil
Cara bermain:
o   Tentukan 5 peserta didik yang menjadi hiu
o   Peserta didik yang lainya menjadi ikan kecil
o   Tugasnya hiu adalah menangkap ikan-ikan kecil, apabila ikan kecil yang tertangkap oleh hiu maka ikan kecil berhak membantu hiu untuk menangkap ikan yang lainnya
o   Pada saat mengejar atau dikejar peserta didik tidak boleh berjalan/berlari menggunakan kaki, melainkan dengan berenang
Kegiatan inti (10 menit)
Mengamati
o  Peserta didik diminta mengamati teknik pengambilan nafas renang gaya crawl, yang diperlihatkan melalui media gambar.

Gambar: teknik mengambil nafas (jaja suharja. Hal 169)
o  Guru memfasislitasi peserta didik untuk mengamati media pembelajaran.
Hal yang diamati
kepala
lengan
Tahapan gerakan




Menanya.
o   Setelah peserta didik mengamati media gambar yang ditunjukkan oleh guru, selanjutnya guru merangsang peserta didik agar peserta didik menemukan hal-hal yang ingin/perlu diketahui lebih lanjut melalui pertanyaan:
a.    Bagaimana posisi kepala pada saat mengambil nafas biar tidak mengangkat terlalu tinggi?
a.       Ketika didalam air nafas dibuang melalui apa?
o   Peserta didik bersama dengan guru melengkapi daftar pertanyaan yang sudah disusunnya sekurang-kurangnya mencakup dalam tujuan pembelajaran.
Mengeskplorasi.
o    Peserta didik melakukan gerakan pengambilan nafas yang dilakukan didarat.
o    Peserta didik mengulang gerakan koordinasi antara lengan dan kaki renang gaya crawl terlebih dahulu. Untuk mengingat pembelajaran minggu sebelumnya.
o    Peserta didik mempraktikkan cara mengambil nafas didalam air dengan menggunakan mulut dan cara membuangnya menggunakan mulut dengan posisi diam ditempat.
o    Peserta didik melakukan koordinasi lengan, kaki dan pengambilan nafas dengan metode 4x1 (4 kali dorongan lengan, 1 kali ambil nafas) dengan bantuan pelampung
o    Peserta didik melakukan koordinasi keseluruhan renang gaya crawl
o    Perlombaan renang gaya crawl antar kelompok
o  Setiap individu yang sedang tidak melakukan aktivitas fisik bisa mengamati temannya gerakan mana yang belum baik.
o  Saat mencoba, peserta didik ada yang mencermati kesalahan atau kesulitan temannya dalam melakukan gerakan.
Mengasosiasi/menalar
o  Setiap peserta didik menemukan kesalahan yang sering dilakukan oleh teman satu kelompoknya.
Fokus Yang Diamati
Kesalahan Yang Sering Terjadi
Perbaikan
Gerakan kaki


Gerakan lengan


Pernafasan


o   Peserta didik dapat menganalisis penyebab kekalahan atau kemenangan kelompoknya dalam perlombaan renang gaya crawl
o   Peserta didik dapat menemukan teknik renang gaya crawl yang paling efektif.
o   Peserta didik dapat menemukan konsep renang gaya crawl.
Mengomunikasikan
o  Semua peserta didik dikumpulkan, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pengamatan mereka terkait koordinasi keseluruhan renang gaya crawl
o  Peserta didik saling berdiskusi terkait pembelajaran dengan memberikan masukan atau pertanyaan.
o  Peserta didik menunjukkan sikap respek pada orang lain dengan mendengarkan secara seksama setiap ada orang lain yang berpendapat.
o  Guru memberikan umpan balik terkait materi yang diajarkan.
o  Guru memberi penilaian keaktifan peserta didik.
Penutup (2 menit)
1.      Peserta didik melakukan penenangan dan pelemasan otot agar badan tidak pegal-pegal.
2.      Guru dan peserta didik merumuskan hasil belajar
3.      Peserta didik diberi informasi agar mempersiapkan referensi untuk pembelajaran diminggu selanjutnya.
4.      Peserta didik bersama-sama guru berdo’a untuk menutup pembelajaran.
5.      Setiap kelompok mengembalikan alat ke tempat penyimpanan dengan tertib.


F.   PENILAIAN

1.      KOMPETENSI SPIRITUAL
a.       Teknik penilaian: observasi
b.      Bentuk instrumen: lembar observasi
c.       Kisi-kisi:
NO
Butir nilai (sikap spiritual)
Indikator sikap spiritual
Jumlah butir instrumen
1
Berdo’a
Berdo’a sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran dengan khusuk
2
JUMLAH SKOR : 8

d.      Instrumen
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)

1)      Petunjuk umum
1.      Instrumen sikap spiritual ini berupa lembar observasi
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai
2)      Petunjuk pengisian
Berdasarkan pengamatan anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik dengan memberi skor 4,3,2 dan 1 pada lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut.
4= apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3= apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2= apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati
3)      Lembar observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas                                   : IX
Semester                             : 1(satu)
Tahun pelajaran                  : 2015
Periode pengamatan           : tanggal   s/d
Butir Nilai                           : pembiasaan berdo’a sebelum dan sesudah                                                      pelajaran
Indikator sikap                   : berdo’a
1.      Selalu berdo’a dengan khusuk ketika sebelum dan sesudah pembelajaran


NO
Nama peserta didik
Skor indikator sikap spiritual (1-4)
Jumlah perolehan skor
Skor akhir
Tuntas/ tidak tuntas
Indikator 1
Indikator 2
1
arman
4
4
8
(8:8)x4=4
tuntas
2
arza





3






4






5






6






7






8






9







e.       Pedoman penskoran

1)      Rumus Penghitungan Skor

Skor Akhir= Jumlah Skor Yang Diperoleh x 4
                                         Skor Maksimal
2)      Kategori Nilai Sikap Peserta Didik Didasarkan Pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 Yaitu

NILAI KETUNTASAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
RENTANG ANGKA
HURUF
3,85 – 4,00
A
3,51 – 3,84
A-
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,18 – 2,50
C+
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
     Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan dengan skor rerata 2,67. Untuk sikap dan keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum 2,67.


2.      KOMPETENSI SOSIAL
a.       Teknik penilaian: observasi
b.      Bentuk instrumen: lembar observasi
c.       Kisi-kisi:
NO
Butir nilai (sikap sosial)
Indikator sikap sosial
Jumlah butir instrumen
1
Bertanggung Jawab
a.       Sebagai peserta didik mengerjakan tugas-tugas dengan baik.
b.       Berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan.
c.       Mengembalikan barang yang dipinjamkan dari orang lain.
d.      Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.
4
2
Toleransi
a.       Berbagi peralatan kepada teman pada saat pembelajaran
b.      Saling tolong menolong ketika menjumpai teman yang kesulitan mempraktikkan gerakan yang sedang diajarkan
c.       Tidak membeda-bedakan antar teman ketika melakukan aktivitas renang
3
3
Disiplin
a.      Hadir tepat waktu.
b.      Menggunakan pakaian olahraga yang telah ditetapkan oleh sekolah.
c.       Mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan prosedur kerja.
d.      Mengerjakan tugas yang diberikan tepat waktu.
4
4
Menerima kekalahan dan kemenangan
a.       berjabat tangan ketika usai bertanding
b.      tidak saling rusuh saat bermain dalam keadaan apapun
c.     bisa mengkoreksi kekurangan dan kelebihan tim agar bisa sadar diri
d.    tidak berbuat curang ketika timnya sedang dalam posisi kalah.
4

d.      Instrumen
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)

1)      Petunjuk umum
1.      Instrumen sikap sosial ini berupa lembar observasi
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai
2)      Petunjuk pengisian
     Berdasarkan pengamatan anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik dengan memberi skor 4,3,2 dan 1 pada lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut.
Skor 4= apabila melakukan 4 kriteria yang telah ditentukan
Skor 3= apabila hanya melakukan 3 kriteria yang telah ditentukan
Skor 2= apabila hanya melakukan 2 kriteria yang telah ditentukan
Skor 1= apabila hanya melakukan 1 kriteria yang telah ditentukan
3)      Lembar observasi
                                     LEMBAR OBSERVASI 1
Kelas                            : IX
Semester                       : 1(satu)
Tahun pelajaran            : 2015
Periode pengamatan     : tanggal   s/d
Butir Nilai                    :
-          Bertanggung Jawab
-          Toleransi
-          Disiplin
-          Menerima kekalahan dan kemenangan


NO
Nama peserta didik
Skor indikator sikap sosial (1-4)
Jumlah perolehan skor
Skor akhir
Tuntas/ tidak tuntas
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
Indikator 4
1
Aan
4

3
4

4

15
(15:15)x4= 4
tuntas
2
Amin







3








4








5








6








7








8








9








dst









e.       Pedoman penskoran:

PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR SIKAP SOSIAL

1)      Rumus Penghitungan Skor
Skor Akhir= Jumlah Skor Yang Diperoleh x 4
                             Skor Maksimal
2)      Kategori Nilai Sikap Peserta Didik Didasarkan Pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 Yaitu


NILAI KETUNTASAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
RENTANG ANGKA
HURUF
3,85 – 4,00
A
3,51 – 3,84
A-
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,18 – 2,50
C+
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
     Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan dengan skor rerata 2,67. Untuk sikap dan keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum 2,67.


3.     KOMPETENSI PENGETAHUAN
a.       Teknik penilaian: tes tertulis
b.      Bentuk instrumen: daftar pertanyaan
c.       Kisi-kisi:
NO
Indikator
Jumlah butir soal
Nomor butir soal
1
Gerakan kaki
3
2,3,6
2
Gerakan lengan
1
7
3
Cara pernafasan
4
4,5,8,10
4
Renang gaya crawl
2
1,9

d.      Instrumen:
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(DAFTAR PERTANYAAN)

1)      Petunjuk umum
1.      Instrumen pengisian pengetahuan berupa daftar pertanyaan
2.      Instrumen ini diisi oleh peserta didik
2)      Petunjuk pengisian
     Jawabah pertanyaan dibawah ini dengan memberi tanda siang (X) untuk memilih jawaban.
Anda akan mendapatkan skor  untuk jawaban satu (1) jika benar dari setiap butir soal dan nol (0) ketika salah
3)      Soal

NO
Butir pertanyaan
1
Gaya yang sering digunakan dalam perlombaan renang gaya bebas adalah ....
a. gaya dada
b. gaya crawl
c. gaya kupu-kupu
d. gaya punggung
2
Gerakan kaki dalam renang gaya crawl adalah ....
a. maju - mundur
b. ke kanan - ke kiri
c. diam saja
d. naik turun
3
Gerakan kaki berporos pada ....
a. pangkal paha
b. telapak kaki
c. lutut
d. pergelangan kaki
4
Pengambilan napas dilakukan dengan ....
a. bebas
b. mendongakkan kepala
c. memiringkan kepala
d. menundukkan kepala
5
Cara pengambilan napas, udara dihirup melalui ....
a. mulut
b. hidung
c. mulut dan hidung
d. a, b, c salah
6
Cara melatih gerakan kaki dapat dilakukan dengan ....
a. mengapit papan peluncur di antara kedua kaki
b. kedua kaki dipegang oleh teman dari belakang
c. berdiri pada kolom yang dangkal
d. mengapung dan kedua tangan berpegangan pada ring/besi di pinggir kolam renang
7
Dalam renang gaya crawl, gerakan lengan dilakukan ....
a. bersama-sama antara tangan kanan dan tangan kiri
b. kedua tangan lurus ke depan
c. secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri
d. kedua tangan membuka ke samping
8
Pengambilan napas renang gaya crawl dilakukan setiap ....
a. 2 atau 3 kali gerakan tangan
b. 2 atau 4 kali gerakan tangan
c. 3 atau 4 kali gerakan tangan
d. 3 atau 5 kali gerakan tangan
9
Yang bukan termasuk teknik dasar renang gaya crawl adalah ....
a. gerakan kepala
b. gerakan meluncur
c. gerakan tangan dan kaki
d. napas
10
Saat mengeluarkan udara didalam air untuk renang gaya crawl jarak jauh sebaiknya dilakukan...
a.       Melalui mulut dan hidung secara cepat
b.      Melalui mulut dan hidung secara berlahan
c.       Melalui mulut
d.      Melalui hidung

e.       Pedoman penskoran:
PETUNJUK PENENTUAN SKOR KOMPETENSI PENGETAHUAN
Kunci jawaban

1.      B
2.      D
3.      A
4.      C
5.      A


6.      D
7.      C
8.      A
9.      A
10.  B

o   Setiap butir soal memiliki nilai 1 jika benar
o   Skor total apabila jawaban benar adalah 10

1)      Rumus Penghitungan Skor
Skor Akhir= Jumlah Skor Yang Diperoleh x 4
                             Skor Maksimal
2)       Kategori Nilai Sikap Peserta Didik Didasarkan Pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 Yaitu

NILAI KETUNTASAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
RENTANG ANGKA
HURUF
3,85 – 4,00
A
3,51 – 3,84
A-
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,18 – 2,50
C+
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
      Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan dengan skor rerata 2,67. Untuk sikap dan keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum 2,67.

4.      KOMPETENSI KETERAMPILAN
a.       Teknik penilaian: observasi
b.      Bentuk instrumen: lembar observasi
c.       Kisi-kisi:
NO
keterampilan
Jumlah butir instrumen
1
Gerakan kaki
1
2
Gerakan lengan
1
3
pernafasan
1

d.      Instrumen:
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
(LEMBAR OBSERVASI PRAKTIK)

1)      Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian keterampilan ini berupa lembar observasi
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai
2)      Lembar observasi

Kelas                         : IX
Semester                   : 1(satu)
Tahun pelajaran         : 2015
Periode pengamatan : tanggal   s/d
Aspek yang diamati  : Mempraktikkan gerak dasar tiga gaya renang yang                            berbeda. (renang gaya crawl)
Indikator keterampilan     :
1.      Mempraktikkan gerakan kaki renang gaya crawl
2.      Mempraktikkan lengan renang gaya crawl
3.      Mempraktikan cara pernafasan renang gaya crawl
NO
Aspek gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda. (renang gaya crawl)
Hasil pengukuran
1
2
3
4
1
Gerakan kaki




2
Gerakan lengan




3
Pernafasan




Jumlah Skor Maksimal: 16






3)      Kriteria pengamatan
Aspek
Indikator
deskriptor
rubrik
Renang gaya crawl
Gerakan kaki
1.      Pusat gerakan pada pangkal paha
2.      Ada bunyi dan buih dari gerakan kaki
3.      Ada lecutan dari sehingga seperti sirip ikan
4.      Jarak antara kaki yang naik dengan kaki yang turun kira-kira 20-30 cm
Skor 4 jika memenuhi kriteria 1,2,3,4
Skor 3 jika memenuhi kriteria 1,2,3
Skor 2 jika memenuhi kriteria 1,2
Skor 1 jika memenuhi kriteria 1
 Gerakan lengan
1.      Penarikan lengan membentuk sudut 900
2.      Dorongan lengan sampai lurus
3.      Angkat siku membentuk sudut lancip di atas air
4.      Masukkan tangan dimulai dari ujung jari
Skor 4 jika memenuhi kriteria 1,2,3,4
Skor 3 jika memenuhi kriteria 1,2,3
Skor 2 jika memenuhi kriteria 1,2
Skor 1 jika memenuhi kriteria 1
pernafasan
1.      Mengambil nafas menggunakan mulut
2.      Membuang udara menggunakan mulut dan hidung
3.      telinga selalu menempel pada lengan
4.      kepala hanya diputar ke samping
Skor 4 jika memenuhi kriteria 1,2,3,4
Skor 3 jika memenuhi kriteria 1,2,3
Skor 2 jika memenuhi kriteria 1,2
Skor 1 jika memenuhi kriteria 1
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

e.       Pedoman penskoran:

PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR KETERAMPILAN

1)      Rumus Penghitungan Skor
     Skor Akhir= Jumlah Skor Yang Diperoleh x 4
                                 Skor Maksimal
2)      Kategori Nilai Sikap Peserta Didik Didasarkan Pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 Yaitu

NILAI KETUNTASAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
RENTANG ANGKA
HURUF
3,85 – 4,00
A
3,51 – 3,84
A-
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,18 – 2,50
C+
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
     Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum 2,67.


                                                      Yogyakarta, ......................2015
Menyetujui:
Kepala sekolah SMP                                                       Guru mata pelajaran





                                                                              

NIP.                                                                                 NIP
contoh RPP penjas K13 (akuatik) 4.5 5 Oscar konveksi dan tailor Rabu, 10 Juni 2015 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                        : SMP N 1 SLEMAN Mata Pelajaran           : Penjasorkes Kel...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.