Pendaftaran Guru Garis Depan

 on Rabu, 03 Juni 2015  

Pasca PPG SM-3T ada Lowongan Menjadi Guru Garis Depan

            Guru garis depan adalah guru yang ditempatkan didaerah 3T yang sudah berstatus CPNS pasca mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang direkrut melalui seleksi khusus CPNS, pada tahun ini Sebanyak 798 orang Guru Garis Depan (GGD) angkatan kesatu yang sudah dilepas ke daerah 3T dan langsung bergelar CPNS di daerah penempatan.
            Peserta yang berjumlah 798 orang ini nantinya akan disebar ke sejumlah kabupaten yang berada didaerah 3T,Adapun wilayah penempatannya meliputi 28 Kabupaten, yaitu Kab. Aceh Besar, Aceh Timur, Aceh Singkil, dan Aceh Selatan, Gayo Lues, Simeulue, Alor, Deiyai, Flores Timur, Jayawijaya, Kepulauan Yapen, Kab.Kupang, Lanny Jaya, Kab.Manggarai, Kab.Manggarai Timur, Kab.Manokwari, Kab.Manokwari Selatan, Pegunungan Bintang, Raja Ampat, Rote Ndao, Kab.Sorong, Kab.Sorong Selatan, Sumba Timur, Supiori, Tambrauw, Teluk Bintuni, Waropen, dan Yalimo. Program ini berbeda dengan progran SM3T (sarjana mengejar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal) . bedanya adalah kalau Guru garis depan ini akan ditempatkan secara permanen di daerah 3T. Untuk mengikat guru-guru ini pemerintah menetapkan status mereka menjadi CPNS.Nantinya mereka akan ada yang berstatus CPNS pemda dimana mereka mengabdi dan ada yang berstatus CPNS dibawah naungan Kemendikbud. Penetapan status CPNS guru-guru ini sudah diakui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melalui kuota khusus. Sedangkan SM-3T hanya satu tahun saja berada di daerah 3T dan selanjutnya akan ditarik kembali ke LPTK penyelenggara untuk menempuh Pendidikan Profesi Guru. tetapi program Guru Garis Depan ini peserta yang boleh mendaftar hanya lulusan PPG SM-3T, jadi masih merupakan satu paket dengan program SM-3T.
Mekanismenya/ syarat untuk menjadi Guru Garis Depan adalah sebagai berikut:
1.      Mendaftar program SM-3T di Lptk yang ditunjuk sebagai penyelenggara oleh dikti
2.      Lulus seleksi administrasi, tes online, dan wawancara di LPTK tempatsaudara mendaftar
3.      Lolos seleksi Prakondisi
4.      Pengabdian satu tahun didaerah 3T
5.      Mengikuti workshop PPG selama satu tahun dan lulus test PPG
6.      Mengikuti seleksi guru garis depan
            Dengan status CPNS, Pengiriman guru-guru terbaik ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik yang ada di daerah-daerah 3T. Awalnya jumlah pendaftar guru garis depan untuk tahun 2014 adalah 1.480 orang guru yang sudah berstatus sebagai alumni PPG SM3T. Mereka mengikuti tes CPNS seperti pelamar lainnya, yakni tes kompetensi dasar (TKD).
            Formasi khusus untuk guru didaerah 3T sebanyak 1.000 kursi. Tetapi setelah di saring melalui beberapa seleksi, hanya ada 809 guru yang lulus dan nilainya di atas ambang batas dan lolos verifikasi administrasi. Namun di tahap akhir kurang lebihnya sembilan guru membatalkan secara sepihak. Sehingga akhirnya terjaring 798 orang guru CPNS di daerah 3T.
            Guru Garis Depan (GGD) merupakan komitmen Pemerintah berupa penempatan guru jangka panjang, yang berbeda dengan penempatan guru secara temporer.
Ditahun 2015 ini sepertinya akan ada lagi formasi khusus guru garis depan, maka persiapkan anda-anda yang telah menyandang gelar GR untuk mengabdi kembali didaerah 3T.

Sekian dulu ya postingan hari ini, ditunggu komentarnya ya gaeess.....
Wasalamualikum Wr.Wb


Pendaftaran Guru Garis Depan 4.5 5 Oscar konveksi dan tailor Rabu, 03 Juni 2015 Pasca PPG SM-3T ada Lowongan Menjadi Guru Garis Depan             Guru garis depan adalah guru yang ditempatkan didaerah 3T yang sudah ...


4 komentar:

  1. Infonya sangat bermanfaat...jngn lupa mampir ke ppgsm3tcivicedu.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Infonya sangat bermanfaat...jngn lupa mampir ke fila174.blogspot.com

    BalasHapus
  3. makasih semoga informasi ini tersebar bagi lulusan sarjana s1 yang mau mengabdikannya melalui SM3T

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.