cara afdruk film sablon dengan sinar matahari

 on Selasa, 26 Mei 2015  

Cara Afdruk Film Sablon Dengan sinar Matahari
            Kemarin ane sudah mosting terkait cara afdruk film menggunakan penyinaran lampu 2x20 watt, nah sekarang ane mosting Cara Afdruk Film Sablon dengan sinar matahari merupakan salah satu poin penting dalam proses menyablon, karena hasil dari afdruk inilah yang menentukan kualitas dari cetakan sablon. Sebelum memulai sediakan bahan-bahan nya ya..., selengkapnya dapat di baca diawah ini.
Dibawah ini adalah Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari.
1.    Langkah 1 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
            Bersihkan Screen yang akan di afdruk dengan pembersih khusus screen atau kalau tidak ada bisa gunakan sabun cuci piring. Bersihkan kotoran dan lemak yang ada pada kain screen, bilas sampai bersih dan keringkan dibawah terik matahari.

2.    Langkah ke-2 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
            Campurkan sensitizer (botol kecil) dengan emulsi (botol besar) dengan perbandingan 10 : 1 kemudian aduk sampai rata, kemudian diamkan beberapa saat kira-kira 30 menit. Untuk hasil lebih baik masukkan kedalam lemari es (jangan sampai beku). Sensitizer dengan emulsi Jangan dicampur semuanya, sediakan wadah buat mencampur kedua bahan tersebut, dikira-kira cukup untuk screen yang akan di afdruk, sisanya disimpan buat yang lain. Emulsi yang belum dicampur Sensitizer dapat disimpan bertahun-tahun dan yang sudah dicampur dapat disimpan selama -+ 3 hari jika disimpan dalam lemari es.
3.    Langkah ke-3 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
            Oleskan campuran antara emulsi dan sensitizer pada screen secara merata pada bagian luar dan dalam, oleskan secara perlahan agar seluruh bagian screen tertutup sempurna, olesi pada bagian luar dan dalam, anda bisa menggunakan rakel atau penggaris mika untuk meratakannya. Diusahakan dalam mengoleskan campuran tipis dan rata.

4.    Langkah ke-4 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
            Keringkan screen yang sudah diolesi emulsi menggunakan Kipas Angin atau Hair Dryer, JANGAN mengeringkan dibawah sinar Matahari, karena dapat membuat afdrukan film gagal. Sebelum penyinaran screen harus benar-benar kering. Karena sifat obat afdruk yg peka cahaya maka lakukan pengeringan dalam ruangan tertutup dan usahakan tidak terkena cahaya secara langsung.

5.    Langkah ke-5 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
            Susun screen yang akan di bakar (penyinaran) mulai yg paling atas yaitu kaca bening dilanjutkan kertas print design yang sudah diolesi minyak, selanjutnya screen yang sudah siap afdruk, selanjutnya busa, triplek. Tangan menekan ujung-ujung screen agar pembakaran menjadi sempurna.

6.    Langkah ke-6 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
            Sinari screen menggunakan sinar matahari, jika disinari pada waktu pagi hari yaitu pukul 08.00-09.00 maka penyinaran selama 30-45 detik, apabila siang bolong disinari selama 15-25 detik, jika sore hari sekitar 30-45 detik, nah .. apabila mendung bagaimana..? apabila cuaca mendung disinari selama 5-8 menit.
            Proses Penyinaran ini tidak boleh terlalu lama ataupun terlalu sebentar. Jika terlalu lama, ditakutkan seluruh permukaan akan terlalu matang, sehingga area screen yang harusnya tetap bolong akan susah untuk dirontokkan obat afdruknya. Jika terlalu sebentar hasilnya akan kebalikannya, area screen yang harusnya tetap tertutup obat afdruk malah mudah rontok ketika dilakukan penyemprotan.

7.    Langkah ke-7 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
Setelah selesai basahi screen pada kedua sisinya, kemudian semprot dengan air bersih pada bagian sisi luar dan dalam secara bergantian, semprot menggunakan semprotan mandi burung hingga gambar terbuka sempurna. Apabila terjadi kegagalan dapat dihapus dengan Remover kemudian ulangi langkah 1-6.

8.    Langkah ke-8 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
Keringkan screen yang sudah jadi dengan kipas angin atau hair dryer bahkan kali ini bisa dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Tetapi agar lebih kuat filmnya lebih baik di jemur dibawah terik matahari
9.    Langkah ke-9 Cara afdruk film sablon dengan sinar matahari
Setelah kering periksa kembali screen apakah ada kebocoran, apabila ada tambal (tusir) menggunakan sisa obat afdruk yang kita pakai diawal tadi dan keringkan lagi. Apabila sudah tidak ada kebocoran lagi maka screen siap digunakan.
Okeyyy, sekian dulu ya gan postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Yang mau buat kaos sablon/bordir. jersey, kemeja, jaket OSCAR konveksi dan tailor yogyakarta siap membantu, harga bersahabat, dan pastinya tepat waktu. Workshop kami di Karangasem RT 4 RW 12 condongcatur, depok, sleman, YK. untuk produk kami bisa dilihat di FANSPAGE FACEBOOK: kaos sablon murah.
Kami juga menerima jasa jahit kaos (kaos oblong 3500/pcs)

Kontak kami: WA/SMS 085741262322
cara afdruk film sablon dengan sinar matahari 4.5 5 Oscar konveksi dan tailor Selasa, 26 Mei 2015 Cara Afdruk Film Sablon Dengan sinar Matahari             Kemarin ane sudah mosting terkait cara afdruk film menggunakan penyinaran lampu...


10 komentar:

  1. terimakasih gan artikelnya bermanfaat,,, :)

    BalasHapus
  2. misi gan ,untuk minyaknya yg dipake buat di oles di kertas print"an nya itu minyak apa ya?

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Minyak goreng habis buat goreng ikan asinπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  4. Sya sudah coba lebih dari 10x hasilnya gagal gambar tidak tembus padahal cara nya sudah sama seperti itu,,gmana ya gan

    BalasHapus
  5. Cara membuat Film Sablon, cara sablon, cara membuat tinta sablon? Bandung, email syahrulwins@gmail.com

    BalasHapus
  6. Saya pengen belajar kayavnya susah banget.

    BalasHapus
  7. Maaf kak mau nanya
    Kak kalo screen film udah kelihatan tapi di semprot gambar gak tembus tu kesalahan di mn nya kak

    BalasHapus
  8. Cara sablon supaya tinta tidak melebar kemana mana gmn ya bos

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.