CARA AGAR LANCAR BAB

 on Rabu, 27 Mei 2015  

CARA AGAR LANCAR BAB

Cara Agar Lancar BAB- BAB (Buang Air Besar) yang lancar sangat penting untuk kesehatan karena BAB merupakan salah satu proses metabolisme di dalam tubuh kita yang membantu menghilangkan sisa makanan yang tercerna dan bahan limbah di dalam tubuh. Buang Air Besar (BAB) memang bisa dilakukan kapan saja, namun kebanyakan orang merasa nyaman jika BAB lancar di pagi hari. Lalu apa yang harus Anda lakukan apabila di pagi hari susah BAB?
BAB yang sehat biasanya rutin dilakukan setiap hari atau 2 hari sekali. BAB yang sehat itu harus mudah dilakukan, tanpa mengejan dengan keras atau timbul rasa sakit dan tinja tidak boleh mengandung darah. BAB yang tidak lancar disebabkan karena cairan dalam tubuh yang mengering. Akibatnya kemampuan usus besar untuk berkontraksi menjadi lemah. Itu disebabkan karena tubuh kurang air, BAB yang tidak lancar juga disebabkan karena tubuh kekurangan serat (kurang makan sayuran). Praktisi kesehatan menyarankan agar pada siang hari orang lebih banyak makan makanan berserat dan minum air sehingga pagi harinya metabolisme tubuh bisa lancar. Apabila BAB terlalu keras dan terlalu banyak mengejan maka dapat menyebabkan ambeien atau wasir atau hemoroid yang merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Bibir anus mengalami pembengkakan dan terkadang disertai pendarahan.
Untuk mencegah penyakit ini, biasanya dokter akan menyarankan agar teratur buang air besar (BAB) dan banyak makan makanan berserat.
Adapun cara agar lancar BAB, meliputi:
a.       Istiahat yang cukup
     Istirahat merupakan hal yang sangat penting jika tubuh kita sudah merasakan lelah, dengan istirahat cukup akan membantu proses metabolisme tubuh menjadi sempurna. Minimal istirahat dalam sehari itu 6-8 jam.

b.      Jangan menunda BAB
     Segera buang air besar jika dirasa perut mulai sakit, jangan ditunda – tunda lagi. Kalau sewaktu – waktu anda terkena sakit perut karena ingin buang air besar, segeralah tunaikan kewajiban itu. Jangan karena malas atau gengsi karena sedang melakukan kegiatan lain menyebabkan anda menunda acara BAB. Karena acara buang air besar yang ditahan dengan sengaja justru akan menyebabkan timbulnya masalah konstipasi alias sembelit yaitu kondisi susah buang air besar di lain waktu.


c.       Makan buah dan sayur segar secara rutin setiap hari
     Buah dan sayur segar merupakan sumber serat yang berfungsi bagus sebagai kesehatan tubuh kita, contohnya pepaya, pisang, daun singkong, bayam dll. Selain itu juga bisa dengan meminum suplemen untuk menambah asupan serat. Nah, serat adalah faktor terpenting untuk membantu anda agar masalah buang air besar di pagi hari menjadi lancar karena banyak makan serat membuat gerakan usus besar pun menjadi baik dan teratur, sehingga acara buang air besar pun menjadi sehat terutama waktu pagi hari.
Berikut adalah daftar makanan yang mesti di konsumsi Agar Lancar BAB
o   Makanan berserat tinggi misalnya papaya, kubis, wortel, brokoli, bayam.
o   Makan buah-buahan kering seperti kismis, aprikot.
o   Makanan mengandung jahe, bawang merah, dan bawang putih.
o   Makanan yang difermentasi seperti yoghurt dan kefir.
o   Makanan mengandung zinc seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang polong, buncis, seafood, telur dan kedelai.
Makanan mengandung minyak ikan, minyak zaitun, cod dan minyak gandum.

d.   Banyak minum air putih
     Minum air putih secara rutin setiap hari dalam porsi yang tepat erat kaitannya dengan masalah BAB lancar di pagi hari. Jika di dalam usus besar kita terdapat setumpuk makanan berserat, ini akan berakibat serat – serat itu akan banyak menarik atau menyerap air. Karena air yang terserap dalam jumlah cukup banyak, feses pun akan menjadi sedikit lunak. Anjuran minum air putih dalam sehari yaitu minimal 8 gelas atau setara dengan 2liter air putih. Kondisi feses yang lunak di dalam perut akan berpengaruh terhadap proses buang air besar yang terasa mudah dilakukan kapan pun anda merasakan mulas di perut karena ingin BAB.

e.    Rileks
     Anda harus dalam kondisi seluruh badan yang rileks seperti halnya anda dalam menjalani kehidupan ini. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa ritme kehidupan memang mempunyai konsentrasi kondisi tidak hanya nyaman saja namun terkadang anda diharuskan berhadapan dengan stres atau kecemasan. Jika anda terlalu sering mengalami stres, ini akan mempengaruhi otot – otot dalam tubuh. Salah satunya adalah otot organ pencernaan. Jika otot pencernaan terganggu, tentu fungsi organ pun akan menjadi tidak sehat. Anda menjadi tidak bisa buang air besar secara lancar.

f.     Olahraga
     Olahraga memang harus dilakukan secara rutin. Karena bagaimana pun juga dengan olahraga akan membantu tubuh anda menjadi bugar. Organ – organ tubuh bisa bekerja secara normal. Olahraga membuat pencernaan atau pernafasan anda menjadi lancar dan sehat, olahraga tetap menjadi salah satu media ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh jika dilakukan secara teratur dan terstruktur. Karena dengan olahraga maka energi yang ada didalam tubuh akan terbakar. Jadi usahakan anda berolahraga secara rutin setiap pagi hari atau sore, hal ini bisa kita lakukan supaya badan menjadi normal terutama dalam urusan buang air besar setiap hari. Dengan buang air besar rutin dan lancar apalagi di pagi hari, kotoran – kotoran dalam tubuh dibantu keluar. Tubuh terasa lebih segar, sehat dan terasa nyaman.

            Jika pengalaman saya pribadi cara agar lancar BAB, solusi yang sederhana agar BAB lancar adalah banyak minum air putih. Asupan sayur dan buah tidak boleh lupa, harus dikonsumsi setiap hari. Kemudian minum segelas air hangat di pagi hari. Rajin-rajinlah berolahraga dan minum vegeta herbal sebelum tidur jika sudah 3 hari lebih tidak BAB.

Mungkin itu saja postingan terkait cara agar lancar BAB, semoga bermanfaat...
CARA AGAR LANCAR BAB 4.5 5 Oscar konveksi dan tailor Rabu, 27 Mei 2015 CARA AGAR LANCAR BAB Cara Agar Lancar BAB - BAB (Buang Air Besar) yang lancar sangat penting untuk kesehatan karena BAB merupakan salah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.