PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta yang telah berdiri 21 Mei 1964.
Banyak tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai profesional,
perpustakaan universitas dan fakultas yang lengkap, pusat komputer, jaringan
internet 24 jam, sarana olahraga berstandar internasional, pusat bahasa,
laboratorium penelitian modern, dan lingkungan yang asri membuat kampus yang
dijuluki The Green Campus ini menjadi
salah satu universitas terfavorit dan layak diperhitungkan. Untuk menjawab
tantangan global, mulai tahun 2008, UNY telah siap menuju World Class
University.
UNY dalam dunia pendidikan Indonesia telah
menghasilkan tenaga kependidikan dan nonkependidikan yang berkualitas. Faktanya,
sarjana yang telah menamatkan pendidikan di perguruan tinggi banyak yang
kesulitan mencari pekerjaan dengan kata lain banyak sarjana yang menjadi
pengangguran. Hal ini disebabkan karena kurangnya lapangan kerja yang tersedia
dibarengi dengan membludaknya lulusan perguruan tinggi sehingga persaingan
semakin ketat.
UNY memiliki beberapa fakultas salah
satunya dalalah fakultas teknik dengan jurusan Pendidikan Teknik Boga dan
Busana. Jurusan ini tidak hanya mengajarkan teori namun juga praktik keahlian.
Pada jurusan Pendidikan Teknik busana S1, mahasiswa disiapkan tidak hanya pada
urusan akademik saja namun juga dibekali dengan keterampilan yang berhubungan
dengan busana. Berbagai mata kuliah praktik juga diberikan pada mahasiswa diantaranya
drapping, display, teknologi busana,
batik membuat mahasiswa semakin terampil dalam mencipta karya. Hal ini juga
ddukung dengan matakuliah kewirausahaan. Pada mata kuliah ini diharapkan
mahasiswa dapat memiliki kompetensi untuk berwirausaha dan. Namun di UNY belum
disediakan wadah untuk memasarkan hasil karya mahasiswa busana misalnya
galeri/butik untuk menampilkan karya mahasiswa sebagai penghubung dengan
konsumen luar.
B. RUMUSAN MASALAH
ü Mahasisiwa
belum memiliki sarana untuk memasarkan produk mereka.
C. TUJUAN
ü Universitas
dapat memiliki wadah/ sarana untuk memasarkan produk dari mahasisiwa.
ISI
Pada
masyarakat sekarang ini busana adalah suatu hal yang wajib mereka perhatikan
setiap hari. Semakin banyak orang yang memperhatikan penampilan terutama busana
dan semakin banyak pula orang akan membutuhkan busana maka akan semakin banyak
pula para pemenuh kebutuhan dalam busana. Sehingga banyak peluang yang dapat
diambil dalam dunia fashion.
Busana adalah segala sesuatu yang dikenakan
manusia dari ujung rambut sampai ujung kaki, meliputi : pakaian, pelengkap
busana, tata rias wajah dan tata rias rambut. Pada perkembangannya, fungsi
busana mengalami sedikit pergeseran yaitu tidak hanya sebagai pelindung tubuh
dari gangguan alam dan untuk kesopanan, tetapi juga untuk menyalurkan ekspresi
seni bagi orang-orang yang menyukai bidang fashion sehingga mereka bisa mengembangkan
fashion tersebut sesuai dengan
imajinasi mereka sendiri-sendiri. Hal ini dapat menjadi peluang yang baik untuk
lulusan mahasiswa busana dalam berwirausaha.
Agar mahasiswa lebih berkompeten, mata
kuliah praktik yang telah diberikan pada mahasiswa sebaiknya diaplikasikan
dalam kehidun sehari-hari dengan menghasilkan berbagai macam karya misalnya
berbagai hand made ataupun aksesoris.
Namun karya karya yang mahasiswa hasilkan belum memiliki sarana dalam
pemasarannya, oleh karena itu sebaiknya disediakan wadah untuk memasarkan hasil
karya mahasiswa busana dari pihak kampus misalnya galeri/butik di lingkungan
fakultas teknik untuk menampilkan karya mahasiswa sebagai penghubung dengan
konsumen luar.
PENUTUP
KESIMPULAN
Pengadaan
sarana tempat menyalurkan hasil karya mahasiswa busana di fakultas teknik
misalnya galeri/ butik sangat penting bagi mahasiswa untuk menyalurkan/
mengaplikasikan mata kuliah yang telah diberikan saat proses pembelajaran. Oleh
karena itu, diharapkan pihak universitas dapat memfasilitasi hasil produk/
karya mahasiswa khususnya mahasiswa busana agar lebih berkompeten dalam
bidangnya.
DAFTAR PUSTAKA
Mienyantono.
(2013). Pengertian dan definisi wirausaha menurut para ahli.
Diakses dari http://lifeskill.staff.ub.ac.id/2013/10/01/pengertian-dan-definisi-wirausaha-menurut-para-ahli-2/
pada tanggal 1 Februari 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar