Wajah Pendidikan didaerah Perbatasan Malaysia

 on Senin, 08 Juni 2015  

WAJAH PENDIDIKAN DIDAERAH PERBATASAN MALAYSIA

Malinau merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi kalimantan utara. Malinau merupakan pemekaran dari kabupaten bulungan  dan langsung berbatasan dengan sabah malaysia. Perbedaan Pendidikan di malinau masih jauh sekali dengan pendidikan di jawa, baik dari segi guru, siswa dan sarprasnya.
Pengalaman penulis mengajar di daerah yang masih tergolong 3T ini  banyak menemukan hal-hal yang tidak banyak dijumpai di jawa misanya saja dari peserta didiknya. disini yang akan diceritakan  adalah salah satu sekolah yang berada di Desa Long Pada Kecamatan Sungai Tubu yaitu SMP N 2 Mentarang, kalau orang daerah asal menyebut sekolah ujung dunia. Kenapa bisa disebut ujung dunia?? Karena sekolah ini jauh dari pusat kota dan berada ditengah-tengah hutan lebat kalimantan (TNKM), untuk menjangkau ke sekolah saja perlu waktu 2 hari 1 malam dari kota dan aksesnya satu-satunya hanya menggunakan perahu ketinting untuk mengarunfi sungai.


Dalam mengajar peserta didik di SMP N 2 Mentarang kami para guru harus memiliki kesabaran yang ekstra, Disini penulis mengampu mata pelajaran penjasorkes, IPS, Seni Budaya, Matematika. Banyak di antara siswa yang belum memiliki kesadaran yang tinggi untuk belajar. Siswa yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan sudah menjadi hal yang biasa di sini. Bahkan ada yang tidak masuk sekolah sampai berhari-hari karena harus berburu, membantu orang tua berladang atau masuk ke hutan untuk mencari pohon gaharu atau rotan. Kami para guru di sini tidak bisa begitu saja mengambil tindakan berupa hukuman karena kami ingin mereka semua tetap bersekolah walaupun sering tidak masuk. Awalnya saya sempat bingung dengan kondisi anak-anak disini sampai berfikir mau saya apakan anak-anak ini” sudah jarang masuk sekolah dan disuruh berhitungpun mereka masih kesulitan membaca juga belum lancar, setiap ulangan tidak pernah lepas dengan yang namanya remidi, tapi saya menyadari inilah perjuangan dan ini adalah tugas dan tantangan bagaimana mampu mencerdasakan anak bangsa dan membawa perubahan.
Wajah Pendidikan didaerah Perbatasan Malaysia 4.5 5 Oscar konveksi dan tailor Senin, 08 Juni 2015 WAJAH PENDIDIKAN DIDAERAH PERBATASAN MALAYSIA Malinau merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi kalimantan utara. Malinau ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.