Artikel sumbang saran mahasiswa cumlaude Tata busana UNY

 on Selasa, 02 Juni 2015  

PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta yang telah berdiri 21 Mei 1964. Banyak tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai profesional, perpustakaan universitas dan fakultas yang lengkap, pusat komputer, jaringan internet 24 jam, sarana olahraga berstandar internasional, pusat bahasa, laboratorium penelitian modern, dan lingkungan yang asri membuat kampus yang dijuluki The Green Campus ini menjadi salah satu universitas terfavorit dan layak diperhitungkan. Untuk menjawab tantangan global, mulai tahun 2008, UNY telah siap menuju World Class University.  
UNY dalam dunia pendidikan Indonesia telah menghasilkan tenaga kependidikan dan nonkependidikan yang berkualitas. Faktanya, sarjana yang telah menamatkan pendidikan di perguruan tinggi banyak yang kesulitan mencari pekerjaan dengan kata lain banyak sarjana yang menjadi pengangguran. Hal ini disebabkan karena kurangnya lapangan kerja yang tersedia dibarengi dengan membludaknya lulusan perguruan tinggi sehingga persaingan semakin ketat.
UNY memiliki beberapa fakultas salah satunya dalalah fakultas teknik dengan jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana. Jurusan ini tidak hanya mengajarkan teori namun juga praktik keahlian. Pada jurusan Pendidikan Teknik busana S1, mahasiswa disiapkan tidak hanya pada urusan akademik saja namun juga dibekali dengan keterampilan yang berhubungan dengan busana. Berbagai mata kuliah praktik juga diberikan pada mahasiswa diantaranya drapping, display, teknologi busana, batik membuat mahasiswa semakin terampil dalam mencipta karya. Hal ini juga ddukung dengan matakuliah kewirausahaan. Pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki kompetensi untuk berwirausaha dan. Namun di UNY belum disediakan wadah untuk memasarkan hasil karya mahasiswa busana misalnya galeri/butik untuk menampilkan karya mahasiswa sebagai penghubung dengan konsumen luar.
B.     RUMUSAN MASALAH
ü Mahasisiwa belum memiliki sarana untuk memasarkan produk mereka.
C.    TUJUAN
ü Universitas dapat memiliki wadah/ sarana untuk memasarkan produk dari mahasisiwa.
ISI
Pada masyarakat sekarang ini busana adalah suatu hal yang wajib mereka perhatikan setiap hari. Semakin banyak orang yang memperhatikan penampilan terutama busana dan semakin banyak pula orang akan membutuhkan busana maka akan semakin banyak pula para pemenuh kebutuhan dalam busana. Sehingga banyak peluang yang dapat diambil dalam dunia fashion.
Busana adalah segala sesuatu yang dikenakan manusia dari ujung rambut sampai ujung kaki, meliputi : pakaian, pelengkap busana, tata rias wajah dan tata rias rambut. Pada perkembangannya, fungsi busana mengalami sedikit pergeseran yaitu tidak hanya sebagai pelindung tubuh dari gangguan alam dan untuk kesopanan, tetapi juga untuk menyalurkan ekspresi seni bagi orang-orang yang menyukai bidang fashion sehingga mereka bisa mengembangkan fashion tersebut sesuai dengan imajinasi mereka sendiri-sendiri. Hal ini dapat menjadi peluang yang baik untuk lulusan mahasiswa busana dalam berwirausaha.
Agar mahasiswa lebih berkompeten, mata kuliah praktik yang telah diberikan pada mahasiswa sebaiknya diaplikasikan dalam kehidun sehari-hari dengan menghasilkan berbagai macam karya misalnya berbagai hand made ataupun aksesoris. Namun karya karya yang mahasiswa hasilkan belum memiliki sarana dalam pemasarannya, oleh karena itu sebaiknya disediakan wadah untuk memasarkan hasil karya mahasiswa busana dari pihak kampus misalnya galeri/butik di lingkungan fakultas teknik untuk menampilkan karya mahasiswa sebagai penghubung dengan konsumen luar.
PENUTUP
KESIMPULAN
            Pengadaan sarana tempat menyalurkan hasil karya mahasiswa busana di fakultas teknik misalnya galeri/ butik sangat penting bagi mahasiswa untuk menyalurkan/ mengaplikasikan mata kuliah yang telah diberikan saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, diharapkan pihak universitas dapat memfasilitasi hasil produk/ karya mahasiswa khususnya mahasiswa busana agar lebih berkompeten dalam bidangnya.
DAFTAR PUSTAKA
Mienyantono. (2013). Pengertian dan definisi wirausaha menurut para ahli. Diakses dari http://lifeskill.staff.ub.ac.id/2013/10/01/pengertian-dan-definisi-wirausaha-menurut-para-ahli-2/ pada tanggal 1 Februari 2014.
Artikel sumbang saran mahasiswa cumlaude Tata busana UNY 4.5 5 Oscar konveksi dan tailor Selasa, 02 Juni 2015 PENDAHULUAN A.     LATAR BELAKANG Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta yang telah berdiri 21...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.