Pendidikan Profesi Guru Jalur Umum

 on Sabtu, 06 Juni 2015  

Pendidikan Profesi Guru Jalur Umum 2016

            Pada Tahun 2016 sertifikasi guru yang dulunya melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) akan digantikan dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Rencana Pemeritah untuk guru yang mengikuti sertifikasi melalui PLPG akan berakhir pada tahun 2015.

Penetapan PPG sebagai syarat wajib yang harus dipenuhi guru untuk menjadi pendidik profesional, setelah dihapusnya Akta Mengajar pada tahun 2014 akan segera diberlakukan dengan tegas. Semua itu merupakan suatu upaya yang diberlakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di indonesia yang ditujukan untuk para pendidiknya baik PAUD, SD, SMP, SMA.


Pendidikan profesi guru dibagi dalam dua kategori yaitu pendidikan profesi guru pra jabatan yang ditujukan bagi mahasiswa yang sudah mendapatkan gelar S-1 dan program pendidikan profesi guru dalam jabatan yang ditujukan bagi para guru yang sudah diangkat menjadi PNS. Program ini dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang sudah ditunjuk oleh DIKTI, dan untuk saat ini ada 17 Universitas yang sudah ditunjuk oleh DIKTI sebagai penyelenggara PPG. Mulai tahun 2016 mendatang guru akan dinilai sesuai dengan profesi jabatan yang mereka emban berdasar profesinya sebagai tenaga pendidik profesional.

PPG pra jabatan akan ditempuh selama 1 tahun (4,5 bulan workshop SSP, 4 Bulan PPL, 3,5 Bulan Persiaan Ujian dan Ujian) setelah itu apabila mereka lulus akan  mendapatkan gelar "Gr" dan sertifikat pendidik serta pantas menyandang status guru profesional. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam peraturan tersebut tenaga pendidik akan dinilai sesuai dengan profesi jabatan mereka.


Mulai tahun 2016 Program pendidikan profesi guru (PPG) yang selama ini dilaksanakan pemerintah pusat, bakal dilaksanakan secara mandiri oleh Perguruan Tinggi.
Pendidikan Profesi Guru Jalur Umum 4.5 5 Oscar konveksi dan tailor Sabtu, 06 Juni 2015 Pendidikan Profesi Guru Jalur Umum 2016             Pada Tahun 2016 sertifikasi guru yang dulunya melalui Pendidikan dan Latihan Prof...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.